Rabu, 07 Desember 2011

MATEMATIKA


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARMASIN
MATA KULIAH : MATEMATIKA 1
NAMA : ……………
NPM : 10862060…

1.        Ciri-ciri anak yang memahami kekekalan panjang:

Anak telah memahami hukum kekealan panjang apabila ia mengerti bahwa dua utas tali tetap sama panjang walaupun diubah bentuknya. Umumnya hukum kekekalan panjang dicapai pada usia 8-9 tahun.
Ciri-ciri anak yang memahami kekekalan bilangan:
Anak telah memahami kekekalan bilangan apabila ia mengerti bahwa banyaknya benda akan tetap walaupun letaknya berbeda-beda. Anak yang memehami hukum kekekalan bilangan maka ia belum waktunya mendapatkan konsep penjumlahan atau operasi hitung lainnya. Konsep kekekalan bilangan umumnya dicapai oleh siswa usia sekitar 6 sampai 7 tahun.
2.             Contoh pembelajaran matematika untuk menjelaskan operasi hitung penjumlahan pada siswa SD kelas 1 semester 1 sesuai dengan teori Brunner adalah sebagai berikut:
Dengan cara belajar menggunakan konsep dengan benda-benda yang nyata dan anak langsung mencoba. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan simbol-simbol. Contohnya, seperti;



















 


                                        +              = 





            2            +         1         =     3







3.             Induksi matematika
a.       1(2) + 2(3) + … + n(n+1) = n(n+1)(n+2)
Ø  Anggap benar untuk n=1
1(2) + 2(3) + … + n(n+1) =
                         1(1+1) =
                                  2 =
                                 2 = 2
Terbukti!!!
Ø  Anggap benar untuk n=k
1(2) + 2(3) + … + n(n+1) = n(n+1)(n+2)
1(2) + 2(3) + … + k(k+1) =

Ø  Akan di tunjukan benar untuk n=k+1
1(2) + 2(3) + … + k(k+1) =



1(2) + 2(3) + … + k(k+1) +(k+1)((k+1)+1) =


 

=>   +(k+1)((k+1)+1)
=> 
=>
=>
=>
=>
=>
=>
Terbukti benar…!!!



b.      1 + 22 + 32 + … + n2 =
Anggap benar untuk n=1
 … +1 2 =
...+ 1 =
      1 = 1
Benara untuk n=1…!!!

Anggap benar untuk n=k
1 + 22 + 32 + … +k 2 =

Akan di tunjukan benar untuk  n = k+1
1 + 22 + 32 + … +k 2 + ( k+1)2=
 


ð    
ð 
ð 
ð 
ð 
ð 
Terbukti Benar…!!!
4.      Menentukan Ingkaran dari
a.      
Ingkaran :
b.     
Ingkaran :
c.       Semua bilangan prima adalah genap
Ingkaran : Ada bilangan prima adalah tidak genap.
d.      Ada bilangan prima yang lebih besar dari dua
Ingkaran : Semua bilangan prima yang tidak lebih besar dari dua.










5.      Gunakan table kebenaran untuk menunjukan apakah  merupakan tautologi, kontradiksi, atau bukan keduanya!

p
B
B
S
S
S
S
B
B
S
S
S
S

Karena semua baris   bernilai S maka   merupakan kontradiksi. Sebab, kontradiksi adalahsuatubentuk kalimat yang selalu bernilai salah, tidak peduli bagaimanapun nilai kebenaran masing-masing kalimatnya penyusunnya.