PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARMASIN
MATA KULIAH : MATEMATIKA 1
NAMA : ……………
NPM : 10862060…
1.
Ciri-ciri anak yang memahami kekekalan panjang:
Anak telah memahami hukum kekealan panjang
apabila ia mengerti bahwa dua utas tali tetap sama panjang walaupun diubah
bentuknya. Umumnya hukum kekekalan panjang dicapai pada usia 8-9 tahun.
Ciri-ciri anak yang memahami kekekalan bilangan:
Anak
telah memahami kekekalan bilangan apabila ia mengerti bahwa banyaknya benda
akan tetap walaupun letaknya berbeda-beda. Anak yang memehami hukum kekekalan
bilangan maka ia belum waktunya mendapatkan konsep penjumlahan atau operasi
hitung lainnya. Konsep kekekalan bilangan umumnya dicapai oleh siswa usia
sekitar 6 sampai 7 tahun.
2.
Contoh pembelajaran matematika untuk menjelaskan
operasi hitung penjumlahan pada siswa SD kelas 1 semester 1 sesuai dengan teori
Brunner adalah sebagai berikut:
Dengan cara belajar menggunakan konsep dengan
benda-benda yang nyata dan anak langsung mencoba. Selain itu, bisa juga dengan
menggunakan simbol-simbol. Contohnya, seperti;
+
=
2
+ 1 =
3
3.
Induksi matematika
a. 1(2) + 2(3) + … + n(n+1) = n(n+1)(n+2)
Ø Anggap benar untuk n=1
1(2) +
2(3) + … + n(n+1) =
1(1+1)
=
2 =
2 = 2
Terbukti!!!
Ø Anggap benar untuk n=k
1(2) + 2(3) + … + n(n+1) = n(n+1)(n+2)
1(2) + 2(3) + … +
k(k+1) =
Ø Akan di tunjukan benar untuk n=k+1
1(2) + 2(3) + … + k(k+1) =
1(2) + 2(3) + … +
k(k+1) +(k+1)((k+1)+1) =
=> +(k+1)((k+1)+1)
=>
=>
=>
=>
=>
=>
=>
Terbukti benar…!!!
b. 1 + 22 + 32 + … + n2
=
Anggap
benar untuk n=1
… +1 2 =
...+ 1 =
1 = 1
Benara untuk
n=1…!!!
Anggap benar
untuk n=k
1 + 22
+ 32 + … +k 2 =
Akan di
tunjukan benar untuk n = k+1
1 + 22
+ 32 + … +k 2 + ( k+1)2=
ð
ð
ð
ð
ð
ð
Terbukti
Benar…!!!
4.
Menentukan
Ingkaran dari
a.
Ingkaran :
b.
Ingkaran
:
c.
Semua bilangan
prima adalah genap
Ingkaran
: Ada bilangan prima adalah tidak genap.
d.
Ada bilangan
prima yang lebih besar dari dua
Ingkaran
: Semua bilangan prima yang tidak lebih besar dari dua.
5.
Gunakan table
kebenaran untuk menunjukan apakah merupakan tautologi, kontradiksi, atau bukan
keduanya!
p
|
||
B
B
S
S
|
S
S
B
B
|
S
S
S
S
|
Karena semua baris bernilai S maka merupakan kontradiksi. Sebab, kontradiksi adalahsuatubentuk kalimat yang selalu bernilai salah, tidak peduli bagaimanapun
nilai kebenaran masing-masing kalimatnya penyusunnya.